8:49 AM
0
Tips memilih hewan qurban sesuai yang disyaratkan saya rangkum dari berbagai sumber, baik cetak, dunia maya maupun hasil obrolan dengan peternak kambing yang sudah biasa menyediakan kambing untuk qurban.

Ada baiknya kita memilih hewan qurban sendiri untuk memastikan terpenuhinya syarat qurban. Sedikit ciri-ciri secara fisik ternak yang memenuhi syarat untuk hewan qurban kita rangkum di sini.

HEWAN QURBAN HARUS BERKELAMIN JANTAN. Ciri-ciri hewan berkelamin jantan tentunya secara jamak kita sudah mengetahui. Tidak perlu dibahas lagi.

SUDAH CUKUP UMUR. Ada beberapa metode untuk mengetahui usia calon hewan qurban. Kita bisa menanyakan riwayat kelahiran ternak tersebut kepada pemiliknya, atau bisa juga dengan melihat giginya (gigi ternak maksudnya, maaf). Jika dua gigi susu depan sudah tanggal, untuk kambing atau domba itu sudah berusia kisaran 12-18 bulan, sedangkan sapi atau kerbau sudah berusia sekitar 22 bulan.

BEBAS DARI PENYAKIT ATAUPUN CACAT. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Punggung relatif rata, keempat kaki simetris, tanduk simetris, perbandingan secara keseluruhan bagian tubuh ideal.Ciri-ciri ternak sehat lainnya yaitu bulu mengkilat dan bersih, mata jernih, makannya lahap. Selain itu, dilihat bagian mulutnya. Apabila air liurnya banyak sekali perlu diwaspadai kesehatan ternak tersebut. Selain sehat, ternak tersebut juga tidak boleh cacat salah satu bagian tubuhnya hilang atau rusak.

Alangkah baiknya kita memilih sendiri hewan qurban kita untuk memastikan semua syarat terpenuhi, baik sendiri maupun didampingi orang yang ahli.

Semoga bermanfaat, jika ada masukan atau tambahan bisa dipost ke komentar.
Salam

Pelemsewu, 17 Oktober 2011 (dari berbagai sumber)
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Berbagi Cinta