10:01 AM
0
Beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk seekor hewan qurban
  1. HARUS JANTAN
  2. SUDAH CUKUP UMUR. untuk usia hewan kurban minimal satu tahun untuk kambing dan domba, minimal dua tahun untuk sapi dan kerbau, serta minimal 5 tahun untuk unta.
 
لاَ تَذْبَحُوْا إِلاَّ مُسِنَّةً إِلاَّ أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوْا جَذَعَةً مِنَ الضَّأْنِ
Janganlah kalian menyembelih kecuali sudah mencapai usia musinnah (yaitu sudah cukup umur untuk disembelih). Namun apabila kalian mengalami kesulitan, maka sembelihlah binatang yang telah mencapai usia jadza’ah (usia minimal) dari domba.” (H.R. Muslim)
  1.  BEBAS DARI PENYAKIT DAN CACAT. seperti berjalan pincang atau demam. “Agar tidak menularkan penyakit”, Sumbing atau kuping yang cacat, termasuk dalam kategori ini. Namun untuk tanduk dan kuku yang patah dikecualikan karena bisa tumbuh lagi.
أَرْبَعٌ لاَتَجُوْزُ فِيْ اْلأَضَاحِي: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوْرُهاَ وَاْلمَرِيْضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا وَاْلعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ضِلْعُهَا وَاْلكَسِيْرُ -وَفِي لَفْظٍ- اَلْعَجْفَاءُ اَلَّتِي لاَ تُنْقِيْ
Empat bentuk cacat yang tidak boleh ada pada binatang kurban: buta sebelah yang jelas butanya, sakit yang jelas sakitnya, pincang yang jelas pincangnya dan kurus yang tidak bersumsum.” (H.R. Abu Dawud dan selainnya dengan sanad shahih)
Sebaiknya hewan diistirahatkan terlebih dulu sebelum disembelih, supaya darahnya tidak membeku, tujuan mengistirahatkan hewan kurban berguna agar pada saat hewan disembelih semua darah bisa keluar dari tubuhnya. Selamat memilih hewan kurban dan selamat Idul Adha.
  1. Ada baiknya kita memilih sendiri untuk memastikan semua hal di atas, atau didampingi orang lain yang lebih mengetahui masalah tersebut.
Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon kepada ahlinya untuk menambah dan mengkoreksinya. Semoga bermanfaat.
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

Berbagi Cinta